17 November 2014

Makalah Biologi Tentang Mencangkok Mangga

Hai Sobat, Lama gak ngeblogging. Dikesempatan ini saya akan membagikan tugas membuat makalah yang di berikan oleh guru saya. Tenang aja makalah ini dipastikan sudah lengkap dan memenuhi kriteria makalah. kalau mau copy inget di daftar pustaka isi alamat link saya ya. Mksih atas kunjungannya. 
Kata Pengantar
   Kesinambungan di dunia pengetahuan saat ini sangat dirasakan, baik bagi para ilmuwan maupun rakyat awam. Sesuai dengan perkembangan jaman hal ini sangat diperlukan oleh semua kalangan. Tujuan dari perkembanmgan pengetahuan yaitu untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugasnya dengan cara yang praktis dan mudah. Oleh sebab itu, disusunlah makalah ini.
            Berhubungan dengan perkembangan pengetahuan, dalam makalah ini akan membahas tentang mencangkok. Maka dari itu, makalah ini akan menjelaskan tentang pengertian, alat dan bahan serta cara mencangkok. Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam proses mencangkok.
            Pembuatan makalah ini diharapkan dapat berguna bagi para petani kebun ataupun masyarakat yang ingin mempelajari tentang cangkok. Saya mengharapkan partisipasi dari para pembaca. Semoga makalah ini bermanfaat.

                                                                                                                                             Penulis











Daftar isi

Kata pengantar ....................................................................................................ii
Daftar isi  …........................................................................................................iii
I. Pendahuluan ….................................................................................................1
1.1 Latar belakang ...............................................................................................1
1.2 Rumusan masalah ..........................................................................................2
1.3 Tujuan…………. .......................................................................................... 2
1.4 Manfaat …………..........................................................................................2
II Tinjauan Pustaka……...................................................................................... 3
2.1 Tinjauan Pustaka…........................................................................................ 3

III Metodelogi………………………..…. ........................................................... 6
3.1 Waktu dan Tempat……. ............................................................................... 6
3.2 Alat dan Bahan ...............................................................................................6
3.3 Cara Kerja……………… ..............................................................................6

IV Hasil dan Pembahasan ....................................................................................7
4.1 Hasil………… ...............................................................................................7
4.2 Pembahasan ...................................................................................................7
V. Kesimpulan .....................................................................................................8
5.1 Kesimpulan ....................................................................................................8
5.2 Saran…….......................................................................................................8

Daftar pustaka .....................................................................................................9
Lampiran ...........................................................................................................10






I.Pendahuluan

1.2 Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari tanaman melakukan beberapa aktivitas yang berguna dalam rangka mempertahankan hidup, seperti bernapas, berfotosintesis, respirasi, dan berkembang biak. Awal perkembangbiakan umumnya ditandai dengan perkecambahan. Dan tentunya di dalamnya terdapat struktur yang cukup rumit. Perkembangbiakan pada setiap tanaman tidaklah sama. Ada beberapa spesies tanaman yang berkembangbiak dengan cara generatif dan ada juga yang berkembangbiak dengan cara vegetatif.  Berbagai jenis tanaman sama sama berkembang biak , tapi tanaman berkembang biak dengan cara yang berbeda beda. Perbanyakan tanaman juga memiliki beberapa jenis cara, diantaranya adalah perbanyakan segara genetatif maupun vegetatif.
Mencangkok adalah suatu cara mengembangbiakkan tumbuhan dengan jalan menguliti batang yang ada lalu bungkus dengan tanah agar akarnya tumbuh. Jika akar sudah muncul akar yang kokoh, maka batang tersebut sudah bisa dipotong dan ditanam di tempat lain, mencangkok juga dapat diartikan suatu perbanyakan vegetatif secara buatan tanpa baikan dengan menggunakan bagian dari tanaman. Kegiatan perbanyakan tanaman dengan mencangkok merupakan kegiatan yang biasa dilakukan di nursery tanaman buah.
Tanaman induk yang akan dicangkok dipilih karena karakternya yang diinginkan. Tanaman induk diusahakan setelah dicangkok tidak mati sehingga dapat berkembang kembali dan menjadi tanaman induk untuk dicangkok di kemudian hari lainnya. Cangkok merupakan metode untuk memacu munculnya sistem perakaran.




1.2  Rumusan Masalah
Walaupun mencangkok sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi banyak juga masyarakat yang jarang menggunakan cangkok, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa mencangkok itu rumit dan kemungkinan untuk tumbuhnya sangat kecil. Sebagian masyarakat ini lebih memilih membeli biji tumbuhan yang biasa dijual di pertanian, meskipun jangka waktu tumbuhnya lebih lama. Padahal, sebenarnya mencangkok itu tidak rumit dan akan berhasil jika kita tahu langkah-langkah yang benar. Lagi pula, hasil tumbuhan yang dicangkok akan sama persis dengan induknya. Perlunya pengetahuan tentang mencangkok sangat penting untuk semua orang. Baiknya menteri pertanian ataupun pemerintah memberikan bimbingan kepada para petani kebun ataupun seluruh masyarakat.

1.3 Tujuan
1. Untuk memberikan pengetahuan pentingnya mencangkok bagi perkembang biakkan tumbuhan
2. Untuk memberikan keuntungan-keuntungan mencangkok
3. Untuk memberitahukan secara langsung cara mencangkok
4. Melakukan atau memperagakan cara mencangkok tanaman mangga

1.4 Manfaat
·         Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji
·         Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya.
·         Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk.
·         Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.
·         Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan.
II. Tinjauan Pustaka
Mencangkok adalah teknik perbanyakan vegetatif dengan cara pelukaan atau pengeratan cabang pohon induk dan dibungkus media tanam untuk merangsang terbentuknya akar. Teknik ini relatif sudah lama dikenal oleh petani dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada cara mencangkok akar tumbuh ketika masih berada dipohon induk (Prastowo, 2006).
Cangkok adalah proses perbanyakan tanaman dengan cara melukai cabang tanaman dan menutupnya dengan media cangkok, kemudian dari luka tersebut muncul akar (Ambarwati, 2007).
Keuntungan pembibitan dengan sistem cangkok yaitu produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya. Dan tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan. Sedangkan kerugian pembibitan dengan sistem cangkok yaitu pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering, tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang, pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong, dan dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini (Prastowo, 2006).
Pembungkus cangkok sangat dianjurkan untuk memakai pembungkus plastik. Kelebihan memakai plastik yaitu relatif lebih murah dan mudah diperoleh; kedap air sehingga media tetap basah dan tak perlu disiram; pembungkus dari plastik mudah dilepas; akar-akar yang baru tumbuh dalam cangkokan tidak akan putus karena tidak melekat di plastik (Rahardja & Wahyu, 2007).
Akar yang akan dicangkok harus berukuran sebesar pensil, usia sedang dengan tanda warna kulit kayu abu-abu putih, tidak hijau, dan tidak cokelat. Ranting harus dipilih yang sehat, tidak ada tanda-tanda kena amur atau serangan hama. Pengupasan kulit kayu akan memutus aliran zat makanan dari daun, sehingga zat makanan akan menumpuk di dekat sayatan atas dan merangsang pertumbuhan akar (Rahardja & Wahyu, 2007).


Metode Penyambungan
Metode Penyambungan   Menurut Ashari (1995) terdapat 2 metode penyambungan, yaitu sambung tunas dan sambung mata tunas.
1.Sambung Tunas/Grafting
Agar persentase jadi dapat memuaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan 
a.Batang atas dan batang bawah harus kompatibel.
b.Jaringan kambium kedua tanaman harus bersinggungan.
c.       Dilakukan saat kedua tanaman berada pada kondisi fisiologis yang tepat.
d.      Pekerjaan segera dilakukan sesudah entres diambil dari pohon induk.
e.       Tunas yang tumbuh pada batang bawah (wiwilan) harus dibuang setelah  penyambungan selesai agar tidak  menyaingi pertumbuhan tunas batang atas. Metode yang dikembangkan adalah sambung lidah (tongue grafting), sambung samping (side grafting), sambung celah (cleft grafting), sambung susu (approach grafting), dan sambung tunjang (inarching).
2.      Sambung Mata Tunas/Okulasi (Budding)
Masalah yang sering timbul dalam pelaksanaan teknik ini menurut Ashari (1995) adalah sukarnya kulit kayu batang bawah dibuka, terutama pada saat tanaman dalam kondisi pertumbuhan aktif, yakni pada saat berpupus atau daun-daunnya belum menua. Hal ini  berkaitan dengan kondisi fisiologis tanaman. Sebaiknya okulasi dilakukan saat tanaman dalam kondisi dorman.
Budding dapat menghasilkan sambungan  yang lebih kuat, terutama pada tahun-tahun pertama daripada metode grafting lain karena mata tunas tidak mudah bergeser. Budding juga  lebih ekonomis menggunakan bahan perbanyakkan, tiap mata tunas dapat menjadi satu tanaman baru. Entres harus segera digunakan untuk okulasi maupun uuntuk sambung, karena penundaan okulasi dan penyambungan lebih dari satu hari sejak pengambilan entres akan menurunkan presentase bibit jadi dan memperlambat pertumbuhan (Sumarsono, 2002).
Metode budding yang sering digunakan antara lain okulasi sisip (chip budding), okulasi tempel dan sambung T (T-budding). Pemilihan metode tergantung pada beberapa pertimbangan, yaitu jenis tanaman, kondisi batang atas dan batang bawah, ketersediaan bahan, tujuan propagasi, peralatan serta keahlian pekerja (Ashari, 1995).
Teknik okulasi yang pertama kali dipersiapkan adalah pengambilan entres dari pohon induk dilakukan sehari sebelum okulasi yaitu pada sore hari dimana kondisi lingkungan disekitarnya sedang cerah. Cabang-cabang yang digunakan sebagai sumber entris dipotong dengan gunting stek dengan jumlah mata tunas 5 buah per cabang. Potongan-potongan cabang sumber entris diikat menjadi satu dengan tali dan dibalut dengan kertas koran. Kemudian kumpulan cabang-cabang tadi diletakkan di tempat yang lembab. Beberapa jam sebelum okulasi, cabang-cabang sumber entris diambil dari pohon induk. Pada saat okulasi, entris diambil dari cabang sumber entris dengan menggunakan pisau okulasi. Bentuk dari irisan tersebut adalah bulat (Yusran, 2011).
Taksonomi dan Morfologi Mangga
Menurut Rukmana (1997), tanaman mangga termasuk dalam tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dengan biji tertutup (Angiospermae) dan berkeping dua (Dicotyledoneae).Tanaman mangga dalam sistematika (Taksonomi) tumbuhan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Devisi                    : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Sub devisi             : Angiospermae (berbiji tertutup)
Kelas                     : Dicotyledoneae (biji berkepng dua)
Ordo                      : Sapindales
Famili                    : Anacardiaceae (mangga-manggaan)
Genus                    : Mangifera
Species                  : Mangifera indica L.






III. Metodelogi

3.1 Waktu dan Tempat
    Percobaan ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Bulan November di rumah tetangga saya di Perumahan Dalung Permai


3.2 Alat dan Bahan
    3.2.1 Alat:Pisau, Kursi, Tangga,  Plastik Bening
    3.2.2 Bahan:  Pohon Mangga, Tanah Subur dan Agak Basah

3.3 Cara Kerja
1. Pilihlah pohon yang unggul untuk dicangkok, kalau bias Carilah dahan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
2. Ukurlah dari batang pohong paling sedikit 10 cm
3. Kupaslah kulit dahan yang akan di cangkok sekelilingnya dengan panjang kupasan ± 5 cm.
4. Setelah selesai dikupas, keriklah lendir/cambium dengan perlahan agar kering
5. Tutuplah hasil kupasan dengan tanah
6. Selanjutnya, bungkuslah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh.





IV. Hasil dan Pembahasan
 4.1 Hasil
            Hasil pencangkokan yang saya lakukan dengan menggunakan media tanaman plastic dengan kompos pada tanaman mangga tidak berhasil dan percobaan itu tidak tumbuh akar sma sekali.
4.2 Pembahasan
        Dari hasil percobaan bahwa ada beberapa faktor  yang menyebabkan kegagalan dalam mencangkok pohon mangga diantaranya adalah
1.Batang yang dicangkok, batang harus dalam kondisi baik atau tidak cacat, tidak terlalu tua maupun muda, berdiameter sesuai.
2. Faktor media, kondisi media meliputi ketersediaan unsur hara penunjang pertumbuhan akar, kelarutan zat hara, pH, tekstur, jumlah bahan organik.
3. Faktor  cahaya matahari, diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis yang hasilnya ditransmisikan ke seluruh jaringan melalui floem.
4. Fotosintesis, proses fotosintesis dapat pula mempengaruhi perkembangan akar.
5. Cuaca (Curah hujan)  dan kelembaban yang sesuai.
6. Teknik pencangkokan, pada batang yang dicangkok dihilangkan floemnya menyebabkan zat-zat hasil fotosintesis tidak dapat sampai ke perakaran tetapi terkumpul pada bagian atas cangkok, cadangan makanan tersebut digunakan tanaman untuk pertumbuhan akarnya
Sesuai dengan hasil pengamatan praktikum berhasil dalam proses pencangkokan. Pengamatan dilakukan selama 3 minggu. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari munculnya kalus pada batang yang dicangkok. Kelebihan dari mencangkok antara lain: sifat tanaman baru persis seperti induknya, Tanaman dari bibit cangkok bisa menghasilkan buah dalam waktu yang relatif singkat (± 4 tahun), dan waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, 1-3 bulan. Kelemahan dalam mencangkok ini adalah tidak dapat dilakukan secara besar-besaran, bibit cangkok sulit bertahan hidup di daerah yang air tanahnya rendah karena perakarannya pendek, serta perakaran tidak kuat untuk menopang berdirinya tanaman.
V.Kesimpulan


5.1 Kesimpulan
      Dari pemaparan pada bab sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menempel atau okulasi adalah salah satu jenis perbanyakan secara vegetatif  buatan. Cara memperbanyak tanaman dengan okulasi memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan stek dan mencangkok karena okulasi dilakukan pada tanaman dengan perakaran yang baik serta tahan terhadap serangan hama dan penyakit dipadukan dengan tanaman yang mempunyai rasa buah lezat, tetapi mempunyai perakaran yang kurang baik. Salah satu tanaman yang dapat di okulasi adalah tanaman puring.
      Adapun kelebihan dan kelemahan dari perbanyakan tanaman dengan cara okulasi. Kelebihannya adalah dapat diperoleh tanaman  dengan produktifitas  yang tinggi, ada beberapa warna di satu pohon, tanaman memiliki sifat yang baru, pertumbuhan tanaman yang seragam, penyiapan benih relatif singkat. Sedangkan kelemahannya adalah terkadang suatu tanaman hasil okulasi ada yang kurang normal terjadi karena tidak adanya keserasian antara batang bawah dengan batang atas (entres) dan bila salah satu syarat dalam kegiatan pengokulasian tidak terpenuhi kemungkinan kegiatan okulasi akan gagal atau mata entres tidak tumbuh sangat besar.

5.2 Saran
Dalam mengokulasi tanaman sebaiknya dilakukan pada saat kulit batang bawah maupun batang atas mudah dikelupas dari kayunya. Dan jangan melakukan okulasi pada saat musim hujan, sebab tempelan bisa kemasukan air. Apabila tempelan kemasukan air, kemungkinan keberhasilan okulasi sangat kecil . Dengan mengetahui syarat tanaman yang dapat di okulasi dan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan okulasi, hendaknya dapat dijadikan bekal baik oleh mahasiswa maupun masyarakat luas dalam mengokulasi tanaman sehingga kegagalan dalam mengokulasi tanaman dapat diminimalizir.


Daftar Pustaka
http://icuk-sugiarto.blogspot.com/2014/05/makalah-perbanyakan-tanaman-mangga.html
http://atikagita.blogspot.com/2012/11/makalah-mencangkok-kata-pengantar.html
http://icuk-sugiarto.blogspot.com/2014/05/makalah-perbanyakan-tanaman-mangga.html
https://wukiresychaesarina.wordpress.com/2013/02/20/laporan-hasil-mencangkok-pohon-mangga-biology/
http://siskannajwa.blogspot.com/2014/02/mencangkok.html

Terimakasih Atas Kunjungannya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Makalah Biologi Tentang Mencangkok Mangga
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
18 May 2015 at 00:26 This comment has been removed by a blog administrator.